Sunday 14 June 2015

Manfaat Lingkungan Virtual

Manfaat dari dari linkungan virtual
1. Produktivitas meningkat
            Lingkungan virtual cenderung memberikan hasil berupa peningkatan produktivitas dia karenan tingkat fleksibelitas individu dapat dicapi, waktu perjalan atara rumah-kantor dapat dikurangai, dan waktu kerja tidak dibatasi oleh aturan
            hari kerja dari senin-jum'at dan jam kerja dari 08.00-17.00. Sehingga menybabkan suatu perusahan yang menerapka system.
lingkungan virtual tidak akan pernah terbentur dengan istilah hari libur, jam istirahat, dan sejenisnya. Hal itu dikarenakan tipa kali satu anggota dari suatu tim yang mengerjakan suatu project tengah beristirahat, anggota tim dari sisi bumi yang berbeda bisa langsung melanjuatkan perkerjaan yang tadinya sedang dikerjakan oleh anggota tim sebelumnya.
            Sistem kerja seperti ini kerap disebut "Follow the Sun Approach". Dengan demikian hasil produktivitas dapat menigkat dengan lebih cepat serta efiesien.
2. Perluasan peluang pasar
            Ini merupakan salah satu manfaat utama dari lingkungan virtural atau lebih tepatnya tim yang tersebar secara geografis yang mampu malakukan akses langsung pada pasar yang berada pada jangkuan geografis anggota tim tersebut. Dengan anggota tim tersebar secara geografis sehingga mampu memberikan kesan "keberadaan" akan organisasi tersebut yang tentunya bermanfaat untuk melakukan hubunangan dengac pelanggan pada zona yang ditempati oleh anggota tim tadi. Selain itu, dengan ada lingkuangan, suatu organisai atau perusahaan mampu bersaing di pasar global tanpa dibatasi oleh jenis pelanggan tertentu.
3. Pertukaran Informasai atau Pengetahuan
            Ini juga salah satu keuntungan utama dari lingkunga virtual, yaitu berupa pemanfaatan berbagai macam pengetahuan dari masing-masing anggota tim yang tersebar secara geografis. Hal ini tentunya sangatlah mengutungkan bagi suatu perusahaan atau oraganisasi yang ingin mencoba untuk bersaing di pasar global. Apalagi dengan adanya teknologi seperti Online meeting, remote computer access, wireless technology, dsb, sehingga membuat pendekatan ini mudah untuk dicapai.
            Kekurangan dari dari linkungan virtual  :
1. Miss Comunication
            Dari salah satu sifat manusia yang merupakan makhluk sosial sehingga menyebabkan, komonikasi dengan medium cenderung menyebabkan salah pengertian atau miss comunication.
2. Lemahnya Management, dan Leadership
            Baik di zona virtual ataupun tidak, lemahnya leadership dapat mengakibatkan kegagalan pada kerja tim. Namun pada zona virtual hal tersbut menjadi semakin hal yang semakin membutuhkan perhatian lebih. Hal itu dikarenakan setiap pesan atau perintah haruslah disampaiakan secara jelas dan akurat sehingga tidak menyebabkan makna ganda, dsb.
3. Ketidak kompetanan anggota tim
            Kerja tim yang melibatkan lingkungan virtual sangatlah membutuhkan anggota tim yang kompeten. Hal itu dikarenakan setiap perkerjaan atau project sangatlah bergantung pada ketepatan waktu, sehingga anggota tim yang malas, atau tidak memiliki pengetahun mengenai project yang dikerjakan bisa sangat memberi dampak signifikan pada suatu project yang sedang dikerjakan. jadi satu saja anggota tim "terjatuh", maka satu tim terebut bisa saja ikut "jatuh".
Tertarik atau Tidak?
Tidak tertarik karena dari pengalaman pribadi sendiri pernah bekerja di perusahaan yang menerapkan system kerja seperti acenture , terutama bila ada system deadline. Ikatan emotional kerja juga sangat kurang, karena tidak memiliki ruang tersendiri dan tidak dapat bersosialisasi dengan pekerja yang lainnya.
tertarik, karena kita sebagai karyawan dapat bekerja lebih leluasa tanpa harus selalu di awasi di dalam kantor yang dapat membuat jenuh, serta kita dapat memakai seragam apa saja tanpa harus dibatasi oleh peraturan-peraturan seperti perusahaan-perusahaan yang lain, dan juga kita mendapatkan fasilitas-fasilitas yang cukup membantu dan dapat diakses lebih mudah karena mendapat arahan langsung dari perusahaan.

            Dapatkah semua perusahaan sepertiVirtual Accenture?
Jenis perusahaan yang akan mendapatkan manfaat menjalankan bisnis virtual seperti Accenture di Indonesia adalah zoffice.org.

Tidak semua perusahaan dapat bekerja menggunakan sistem virtual karena ada suatu pekerjaan yang membutuhkan pengawasan dalam perusahaan.
Mungkin perusahaan yang dapat menjalankan bisnisnya dengan sistem virtual adalah perusahaan asuransi, on-line shop, dan perusahaan pemesanan tiket untuk transportasi.


0 komentar:

Post a Comment